Bismillah, let's do the best insya Allah we will get the best and be the best. Ok!

Selasa, 04 Februari 2020

Aksi Bersih Pantai

Share & Comment

Kader Adiwiyata Matsaga Lakukan Aksi Bersih Pantai Bocor


   
Ada suasana yang berbeda di Pantai Bocor kemarin Jumat, 31 Januari 2020. Tampak sekelompok siswa berseragam hijau antusias memunguti sampah di sekitar pantai. Panas terik matahari tidak menghalangi semangat para pelajar ini untuk bergotong royong memungut sampah. Sekumpulan pelajar berseragam hijau itu adalah para Kader Adiwiyata dari MTs Negeri 3 Kebumen. Aksi tersebut dilakukan untuk menanamkan jiwa kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu, memberikan edukasi secara tidak langsung pada warga sekitar pantai. Pantai sebagai destinasi wisata favorit warga tentu akan berkurang keindahannya jika dicemari banyak sampah. Masih banyak pengunjung yang belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Diharapkan dengan aksi bersih pantai oleh Kader Adiwiyata dapat meningkatkan awareness(kesadaran) warga untuk lebih menjaga lingkungan.

Pantai Bocor menjadi pilihan dalam kegiatan peduli lingkungan ekstrakurikuler Kaling di Matsaga dengan aksi bersih pantai. Aksi bersih pantai itu merupakan program tahunan. Kegiatan ini adalah kegiatan luar madrasah yang bersifat edukatif tapi juga menyenangkan bagi siswa. Mereka dapat menikmati keindahan panorama Pantai Bocor sekaligus berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Indah, salah satu Kader Adiwiyata mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Menurutnya kegiatan tersebut selain menyenangkan juga menginspirasi untuk lebih peduli terhadap lingkungan khususnya di pesisir pantai. 

Tak kurang dari 60 siswa bersama guru pendamping terlibat dalam aksi bersih pantai. Sejumlah 3 angkutan membawa rombongan tersebut menuju Pantai Bocor. Wajah ceria dan nyanyian riang mengiringi perjalanan menuju Pantai Bocor yang terletak di Kecamatan Buluspesantren. Sesampainya di lokasi, guru pendamping membagi siswa dalam 2 kelompok. Setiap kelompok bertugas untuk memungut sampah di lokasi yang berbeda. Kelompok pertama memungut sampah ke arah timur,  sementara kelompok kedua menuju arah barat pantai. Sebelum kegiatan pemungutan sampah dimulai, guru pendamping memberi pengarahan tentang arti pentingnya kebersihan.

Romlah selaku koordinator ekstrakurikuler Kaling menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan penerapan visi MTs Negeri 3 Kebumen yaitu terwujudnya insan yang bertakwa, berbudaya, berprestasi, inovatif, dan berwawasan lingkungan. Dengan melakukan kegiatan bersih pantai diharapkan dapat mewujudkan salah satu visi Matsaga yaitu berwawasan lingkungan. Aksi bersih pantai dengan memungut sampah oleh para Kader Adiwiyata bukanlah suatu pekerjaan yang remeh. Saatnya mengubah pola pikir bahwa memungut sampah adalah kewajiban petugas kebersihan. Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Apa yang telah dilakukan para Kader Adiwiyata berkontribusi nyata. Mereka layak disebut sebagai pahlawan lingkungan.


Tags:

Written by

MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen

 

Berlangganan Informasi

Copyright © MTsN 3 KEBUMEN | Developed by Jasa Pembuatan Website Sekolah | Server by Google